Senin, 24 Agustus 2015

Inspirasi Desain Kamar Tidur Anak

Ada beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendesain Kamar Tidur Anak, karena di kamarlah si kecil sedikit banyak melakukan aktifitas. Aktifitas tersebut seperti beristirahat, bermain, belajar dan juga aktifitas lainnya. Kamar anak juga merupakan salah satu bagian penting dari proses tumbuh kembang anak. Maka dari itu kamar tidur anak perlu desain khusus agar anak bisa betah dan dapat memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Pemilihan warna 
Agar terkesan ceria sebaiknya anda memilih warna-warna yang cerah untuk melapisi dinding kamar tidur anak. Selain itu warna cerah juga bermanfaat untuk merangsang kemampuan motoriknya agar sikecil lebih kreatif serta dapat mempengaruhi kondisi psiklogisnya.

Namun anda jangan sepenuhnya memberi warna dinding kamar anak anda dengan warna yang cerah agar tidak menghilangkan fungsi utama kamar tersebut yaitu untuk istirahat.
Anda bisa mengkolaborasikan warna tersebut dengan warna-warna pastel seperti kuning gading, biru muda atau baby pink. Untuk menciptakan suasana dalam kamar anak lebih menyenangkan, aplikasikan juga wallpaper pada salah satu dinding kamarnya. Pilihlah motif wallpaper yang tidak terlalu ramai atau sesuaikan dengan keinginan si anak.

Lantai 
Alangkah baiknya jika anda menggunakan penutup lantai agar si anak tidak dingin ketika dipijak maupun di duduki.
Namun ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika memilih material dari penutup lantai di kamar tidur anak. Yang pertama yaitu aman, sebaiknya pilih material yang tidak licin saat tersiram air.
Selanjutnya pilihlah material penutup lantai yang permukaan teksturnya terasa nyaman ketika digunakan untuk bermain anak. Terakhir material harus mudah dalam perawatannya, mengingat usia anak yang masih rentan terhadap noda dan kotoran. Selain itu anda juga dapat menggunakan penutup lantai yang bermotif simple atau seperti motif yang di wallpaper.

Modifikasi furniture 
Anda dapat menyesuaikan berbagai furniture sesuai tema yang diusung dalam desain kamar tidur anak anda. Misalnya anda bisa mengaplikasikan bentuk dari masing-masing furniture sesuai keinginan tema si kecil,
seperti tempat tidur berbentuk mobil balap atau sandaran kursi belajar sesuai bentuk kepala tokoh kartun favoritnya. Hal itu juga bermanfaat pada tumbuh kembangnya yaitu merangsang imajinasinya untuk berkarya sekaligus dapat menciptakan rasa memiliki pada barang tersebut.

Tempat penyimpanan 
Sikecil tentunya banyak mempunyai permainan dan perlengkapan, maka anda juga harus membuatkan tempat penyimpanan untuk barang-tersebut.
Misalnya jika kamar tidur anak anda sempit, anda bisa memanfaatkan space dibawah tempat tidur sebagai laci untuk tempat buku bacaan. Dinding juga bisa dipasang rak-rak untuk memajang koleksi mainan untuk memudahkan anak mengambil mainannya.

Dekorasi
Anda juga bisa melengkapi dengan aksesoris tambahan seperti replika bulan atau bintang yang digantungkan di plafon kamar. perpadukan dengan lukisan di plafon sesuai tema yang diinginkan oleh anak anda. sehingga jika anak beristirahat di kamar, anak dapat melihat dekorasi di plafon dan dapat membentuk imajinasi anak lebih kreatif.




Itulah beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendesain Kamar Tidur Anak supaya anak betah dikamar dengan memperhatikan proses tumbuh kembangnya. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat begi anda semuanya. (dk/dari berbagai sumber)

Mau bikin juga?
Hubungi Kami :
- WA : 0811.25.8979
- email : dhekainterior@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar